Pemdes Malang Sari Realisasikan Progam Ketahanan Pangan dari Dana Desa Tahun 2022.

Lampung Selatan, Pemerintah Desa (Pemdes) Malang Sari, Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan merealisasikan program ketahanan pangan dari anggaran Dana Desa (DD) tahun anggaran 2022 berupa benih ikan gurame dan benih ikan lele, pada Selasa (27/12).

Hadir pada kesempatan itu, Camat Tanjung Sari, M. Dicky Cherlanda, S.I.P, M.I.P,. Sekretaris Camat Tanjung Sari, Risman Kholani, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa Malang Sari, Ruslan, S.E,. Babinsa Desa Malang Sari, Serda Edi Cahyono, Babhinkabtimas Desa Malang Sari, Aipda Dini Ferindra, serta Aparatur Desa setempat. 

Ageng Saiful Anwar selaku Kepala Urusan (Kaur) Keuangan Desa Malang Sari, mewakili Plt Kades setempat, Ruslan,SE,. menyampaikan bahwa, kegiatan pembagian benih ikan gurame dan benih ikan lele tersebut bertujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi warga serta mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PAD). 

” Hari ini, kita melaksanakan pembagian bantuan program ketahanan pangan dari Dana Desa tahun anggaran 2022 berupa benih ikan gurame dan benih ikan lele, ” Ujar Saiful

” Pembagian kita lakukan secara simbolis, untuk benih ikan gurame sebanyak 5.000 ekor, sementara untuk benih ikan lele kami tebar 1.000 ekor dan nantinya 2.000 ekor lagi akan kami bagikan pada hari Sabtu tanggal 31 Desember 2022 mendatang, ” Imbuhnya. 

Saiful begitu sapaan akrabnya melanjutkan bahwa benih-benih ikan tersebut dibagikan kepada Kelompok Ternak Ikan Telaga Nusantara, Dusun IV RT 04 Desa setempat. 

” Jadi benih-benih ikan ini, kami tebar di kolam Bapak Afipudin, karena beliau merupakan ketua kelompok sekaligus orang yang ahli dibidang budidaya ikan. Sementara kelompok tersebut beranggotakan 6 orang, ” Papar Saiful

Foto Arif : Plt Kades Malang Sari, Ruslan, S.E,. Saat rilis benih ikan di Kolam Afipudin, Selasa (27/12).

Ditanya wartawan kenapa memilih ikan sebagai program ketahanan di desanya, Saiful mengatakan, ” Alasan kami memilih ikan sebagai program ketahanan pangan di desa kami, yang pertama di desa kami ada kelompok ternak ikan, dan kelompok tersebut bisa dibilang ahli di bidangnya lah, sementara untuk Kecamatan Tanjung Sari sendiri belum ada percontohan budidaya ikan yang tergolong sukses, nah maka disini kami ambil porsi itu, dengan harapan bisa menjadi pilot project untuk desa – desa lain di Kecamatan Tanjung Sari, tentu jika kedapanya progran ini sukses, ” Kata Saiful

Dia melanjutkan bahwa kedepan dengan suksesnya Kelompok Tani Ikan Telaga Nusantara, dapat ditularkan kepada kelompok – kelompok lain sehingga terbentuklah ketahanan pangan desa yang baik serta ekonomi masyarakat juga ikut manjadi baik.

” Nantinya, ketika benih – benih ikan ini sukses dikelola Kelompok Tani Ikan Telaga Nusantara, akan kami bentuk kelompok tani ikan yang baru dan kami berikan juga bantuan benih ikan kepada mereka. Intinya, tujuan kami menjadi pilot project dibidang budidaya ikan khususnya di desa kami dan umumnya untuk Kecamatan Tanjung Sari, ” Ujar Saiful

Sementara itu dari pantauan media, Kelompok Tani Ikan Telaga Nusantara yang mendapatkan bantuan program ketahanan pangan tersebut terlihat bersemangat dan antusias dalam proses menerima bantuan. (ARF).