Bupati Lamsel Resmikan Puskesmas Rawat Inap Poned Tanjung Bintang.

Lampung Selatan, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto meresmikan Puskesmas Rawat Inap Tanjung Bintang sebagai Puskesmas Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED).

Layanan PONED merupakan layanan kesehatan yang disediakan oleh Puskesmas rawat inap terkait kasus emergensi obstetri dan neonatus tingkat dasar selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu.

Turut hadir pada kesempatan itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan Thamrin, anggota DPRD Lampung Selatan Asmara, jajaran Kepala Perangkat Daerah, Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan Hj. Winarni dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lampung Selatan Yani Thamrin, serta Kepala Desa Se Kecamatan Tanjung Bintang.

Dalam prosesi peresmian tersebut diawali dengan senam bersama, dan juga diisi dengan makan buah dan sayur bersama (Germas), refresing kader, donor darah, atraksi PMR, pelayanan pengobatan gratis, deteksi dini PTM, dan pemberian penghargaan kepada posyandu teladan Se-Kecamatan Tanjung Bintang, Selasa (27/12).

Pada kesempatan itu Plt Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Hari Surya Wijaya melaporkan, UPT Puskesmas Tanjung Bintang merupakan puskesmas dengan kemampuan rawat inap yang memiliki 10 tempat tidur, dimana salah satu pelayanannya adalah upaya persalinan.

Plt Kadis Kesehatan juga menerangkan, bahwa saat ini Kabupaten Lampung Selatan memiliki 20 puskesmas dengan layanan USG termasuk salah satunya UPT Puskesmas Tanjung Bintang.

Dirinya menyebut, sebagai puskesmas rawat inap dengan palayanan persalinan, tentunya sangat penting pula didukung pelayanan PONED. Sehingga tercapainya tujuan penurunan kematian ibu dan bayi di Kabupaten Lampung Selatan khususnya di Kecamatan Tanjung Bintang.

“ Di mana puskesmas rawat inap ini mampu menyelenggarakan pelayanan obstetri dan neonatal emergensi/komplikasi tingkat dasar dalam 24 jam sehari dalam 7 hari seminggu untuk memberikan pelayanan kesehatan terhadap ibu hamil, bersalin dan nifas serta bayi baru lahir,” Jelasnya.

Foto Kmf : Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto saat potong pita peresmian Puskesmas Rawat Inap Poned Tanjung Bintang, Pada Selasa, (27/12).

Sementara dalam arahannya, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan, masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan ini secara optimal. Ia menyebut, Puskesmas PONED dapat membantu menangani kesehatan ibu hamil sekaligus diharapkan akan mampu menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

“ Saya minta puskesmas PONED ini siap 24 Jam memberikan pelayanan, tenaga medisnya harus benar-benar dipersiapkan. apalagi layanan BPJS di Lampung Selatan alhamdulilah sudah 97% lebih, sehingga masyarakat bisa berobat gratis dimana pun di seluruh Puskes di Lamsel,” Ujar Nanang.

Foto Kmf : H. Nanang Ermanto saat memberi sambutan dalam acara peresmian Puskesmas Rawat Inap Poned Tanjung Bintang.

Selain itu, menurut Nanang kemampuan dan kontribusi tenaga medis juga harus ditingkatkan, bukan saja fasilitas Puskesmas yang sudah memadai, akan tetapi pelayanan tenaga medis menjadi sangat penting untuk menjadi perhatian.

Jangan sampai ada persepsi buruk ditengah masyarakat kita, bahwa mereka tidak mendapat pelayanan yang baik. Mari kita tingkatkan fasilitas kesehatan diiringi dengan layanan yang maksimal kepada masyarakat,” Terang Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati Lampung Selatan juga turut melakukan pengecekan kesehahatan di halaman puskesmas Rawat Inap Tanjung Bintang. (KMF/ARF).