Perjalanan 100 Hari Kapolri Sigit, CMI: Transformasi Pemanfaatan Teknologi Itu Sangat Nyata

Ketua Forum Cendikiawan Muda Indonesia (CMI) Enday Hidayat memberikan tanggapan positifnya terkait perjalanan 100 hari Polri yang komandoi oleh Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Menurutnya dengan gagasan PolriPresisi yang diusung, Listyo mampu membawa Polri berjalan beriringan dengan zamannya.

“Dalam memimpin Polri, menurut saya Jenderal Sigit cepat sekali membawa institusi Polri ini bertranformasi mengikuti perkembangan zaman, semangat pembaharuan Polri yang adaptif terhadap kemajuan tekhnologi terejawantahkan dengan sangat nyata dan baik, sehingga lahirlah terobosan-terobosan sistem yang semula bersifat konfensional menuju sistem digitalisasi yang semakin efektif sehingga kehadiran Polri semakin dirasakan ditengah-tengah masyarakat”, ujarnya kepada wartawan di Banten, Rabu (19/5/21).

Enday juga menilai bahwa, Polri yang kini telah adaptif terhadap kemajuan teknologi menjadikan Polri semakin responsif terhadap aduan-aduan masyarakat luas berbasis digital, dan manfaatnya kini dirasakan oleh lapisan masyarakat secara luas.

“Pengimplementasian kemajuan teknologi dalam tubuh polri secara terstuktur sebenarnya telah memberikan keadilan struktural pula terhadap masyarakat, polri yang adaptif dengan teknologi melahirkan pelayanan yang sama terhadap masyarakat dari sabang sampai merauke, tentu semua itu berangkat dari terobosan kapolri dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi. Kalau dulu, yang merasakan manfaat dan melihat kinerja Kapolri itu hanya orang-orang yang tinggal di kota-kota besar saja, tapi kalau sekarang kinerja Kapolri dan program-programnya yang sudah dijalankan telah dirasakan oleh berbagai elemen masyarakat sekalipun itu di perbatasan. Saya diskusi dengan temen-temen aktivis di berbagai daerah di Indonesia,  semuanya mendukung semangat perubahan menuju moderenisasi Kepolisian,” paparnya.

Dalam keterangan akhirnya, Enday menyampaikan harapannya, bahwa keberhasilan Kapolri dalam memoderenisasi intitusi ini semoga semakin memberikan rasa aman, nyaman dan keadilan hukum pada masyarakat.

“Harapan kita tentunya dari keberhasilan Pak Sigit dalam mentransformasikan teknologi ini, menjadikan polri semakin responsif terhadap masyarakat, menjadikan penegakan hukun semakin baik, sehingga keadilan itu bisa dirasakan oleh masyarakat, dengan begitu tentunya kehadiran polri semakin di rindukan dan di cintai oleh masyarakat luas”, pungkasnya.

(*)