Destinasi wisata pesawaran diserbu ribuan wisatawan

Pesawaran-Destinasi wisata di Pesawaran masih mendominasi wisatawan berkunjung ke berbagai lokasi wisata di Kecamatan Teluk Pandan, sejak kemarin hingga Minggu (04/04/2021).

Salah satu warga Ketapang, Ardi (24) menyebut ini salah satu membuka keran ekonomi masyarakat setempat setelah diketahui di Kecamatan Teluk Pandan status zona hijau saat liburan panjang masa pademi covid-19.

” Setidaknya wisatawan yang datang sekitar kurang lebih sepuluh ribu selama dua hari dari Palembang, Jambi, Bengkulu, Jakarta, Bogor, Bandung, dan sisanya dari provinsi Lampung,” jelas Ardi , Minggu (04/04/2021).

Menurutnya, mereka rata-rata berwisata antar pulau Pahawang dan Tegal Mas, selain itu menikmati snokling, berselfi ria juga berwisata pantai di Pulau yang menjadi kunjungan wisatanya.

” Tidak itu saja, wisata pantai pun ramai dikunjungi wisatawan seperti Pantai Ketapang Bahari, Pantai Klara 1, Pantai Klara 2 dan Pantai Batumenyan, termasuk Pantai Mutun dan Dermaga Ringgung juga ramai dikunjungi wisatawan,” kata warga asal Kecamatan Teluk Pandan ini.

Senada juga disampaikan salah satu penjaga parkir Dermaga 4 Ketapang, Philip (54) bahwa tercatat 700 orang berwisata antar pulau Pahawang dan Tegal Mas sejak Jum’at (02/04/2021).

” Dan menurun di hari Sabtu (03/04/2021) ada 400 orang yang datang berwisata, begitupun di tempat lain. Jadi ledakan kunjungan wisatawan tercatat ribuan lebih untuk hari ini (04/04/2021),” kata dia.

Menurutnya, ini yang menjadi pilihan wisatawan karena sejak kemarin arus kendaraan pun padat di Ketapang, Batumenyan. Bahkan sebaliknya dari arah PPI tepatnya Desa Sukajaya Lempasing.

” Jelas ini ramai yang datang terlihat dari kendaraan parkir di sejumlah titik wisata termasuk di Ketapang, banyak memarkirkan kendaraannya dari dermaga 1 hingga Dermaga 4. Begitupun ditempat lain,” kata dia.

Lebih dari itu Philip menambahkan, dampak ledakan wisatawan itupun sampai kapal habis terisi semua, baik milik warga Pahawang maupun warga Ketapang. Namun demikian mereka tetap terapkan protokol kesehatan, baik penggunaan masker dan jaga jarak.

” Belum lagi di Dermaga 1, 2 dan 3 maupun Pantai Wisata Ketapang, Klara ataupun di tempat wisata pantai lainnya yang ada di Kecamatan Teluk Pandan. Tentunya penarikan retribusi parkir disini kami resmi dan setor ke Dishub sesuai Perbup, tapi ditempat lain masih di kelola pribadi,” pungkas Philip. (Wahyudin).