Emansipasi wanita! Ibu Muda  jadi Supir Truk Demi Bahagiakan Buah Hati

LAMPUNG SELATAN-Berkerja sebagai driver atau pengemudi, sejatinya banyak dilakoni kaum pria. Stigma tersebut terbantahkan oleh Dita Julianty(27) wanita berparas cantik asal Dusun IIA, Desa Serdang, Kecamatan Tanjung Bintang. Mama muda itu diketahui sebagai supir truk intas Lampung-Jakarta.

Bukan tanpa alasan, Ibu tiga anak yang berstatus single itu, melakoni profesi tersebut dikarenakan faktor ekonomi serta sulitnya mendapatkan pekerjaan, apalagi saat ini dalam masa pandemi.

 

Profesi tersebut sudah dijalani selama satu bulan terakhir demi membiayai ketiga anaknya. Selain itu, dukungan dari orangtuanya membuat Dita lebih bersemangat dalam menjalani profesinya sebagai driver truk.

“Emang udah niat itu tadi. Kerjaan kan sekarang susah harus pakai ijazah, kendalanya aku nggak punya ijazah jadi punya keahlian, kemampuan ya jadi driver itu tadi,” Terangnya kepada indo-opsi.com saat ditemui di kediamannya.

Kendati demikian, Dita sama sekali tak merasa malu, justru dirinya merasa bangga menjalani profesi tersebut, karena skill yang didapatkan langsung dari ayahnya itu bisa begitu bermanfaat bagi keluarganya.

“Mungkin ya cuman itulah yang bisa kan untuk nafkahin anak sama orang tua gitu, mumpung orang tua juga masih ada, jadi karena bisanya jadi supir ya itu tadi, nggak ada niatan lain-lain,” Ujarnya.

Awalnya, untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) B1 sebagai syarat dirinya menjadi driver truk fuso sempat ditolak oleh Polda Lampung, hal itu dikarenakan dia perempuan.

“Awalnya ditolak waktu bikin SIM B1. Terus pihak Polda Lampung juga sempat menelfon perusahaan, ya itu juga saya terus meyakini kalo saya memang betul-betul bisa,” Tuturnya.

(*)