Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Metro Siap Awasi Hewan Qurban

Kota Metro – Terkait bantuan ternak bagi kelompok tani di Kota Metro, Farjiya selaku kabid perternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Metro keyika ditemui,menerangkan bahwa Bantuan untuk peternak di Kota Metro di tahun 2020 masih dalam masa pendataan dan akan dibagikan dengan 3 kelompok yang terdapat di Kota Metro tentu saja kelompok tersebut harus sudah sesuai dasar hukum yang berlaku.ujarnya.

Ditambah juga, untuk bantuan di Tahun 2019 dinas peternakan memberikan 86 ekor kambing kepada 2 palaku peternak di Kota Metro yang bertepatan di Kelurahan Ganjar agung, Kecaman Metro Barat dan Kelurahan Karang Rejo, Kecamatan Metro Utara. jelasnya.

Sedangkan untuk penerima bantuan ternak tersebut sudah diberikan arahan untuk setiap bulan melapor dan akan ada tim untuk memantau perkembangan hewan tersebut, dan apabila terdapat hewan ternak dari bantuan tersebut mati hal itu juga wajib dilaporkan kembali, jelasnya kembali.

Kepala Dinas pertanian peternakan Kota Metro Heri, menjelaskan bahwasanya untuk hewan qurban di Kota Metro dengan Sapi sebanyak ±900 ekor dan kambing ±2000 ekor ditahun 2019, dan untuk hewan qurban ditahun 2020 ini masih diprediksi dengan data sapi 751 ekor dan kambing 1800 ekor hal ini diprediksi menurun dari tahun 2019 dikarenakan keadaan sekarang ini yang menginngat sedang terjadi pandemi Covid-19. jelas kadis.

Masih kata Heri, untuk mencegah penyebaran Virus Corona melalui daging qurban ia jga menegaskan bahwa panitia pemotongan hewan qurban diwajibkan memakai APD, dan akan ada Tim yang akan mengawasi dalam tata cara penyembelihan sampai ke pembagian kepada pihak penerima, dan untuk mencegah terjadi masyarakat yang berkumpul untuk hal ini dinas peternakan Kota Metro menghimbau agar daging qurban diantarkan ke rumah-rumah bakal penerima daging tersebut. pungkasnya. (Red)