Dampak Covid!Sebanyak 3.545 Pekerja di Lampung Dirumahkan dan Kena PHK Akibat Pandemi Covid-19

Bandar Lampung – Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung mencatat sebanyak 3.545 pekerja baik dari sektor formal dan informal terpaksa terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan akibat pandemi Covid-19.

“Ini data terbaru kami, kebanyakan mereka berasal dari retail, pariwisata, hotel yang tercatat paling banyak,” kata Kabid Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja Disnaker Provinsi Lampung Yuli Astuti saat dimintai keterangan, Senin (1/6/2020).

Sementara itu Kepala Dinas Tenagakerja Provinsi Lampung Lukmansyah mengatakan, demi membatu meringkankan beban para pekerja yang kehilangan pekerjaan pihaknya akan memberikan insentif  berbentuk uang tunai yang akan diberikan selama 3 bulan, yang akan ditransfer ke nomor rekening masing-masing penerima.

“Saat ini sedang proses pemantapan data-data calon penerima dan menyiapkan adiministrasi,”katanya.

Rencananya, lanjut Lukman, bantuan yang akan diberikan berupa uang tunai sebesar Rp 400 ribu setiap orangnya. “Dari semua data itu akan kami seleksi lagi, kreterianya pekerja yg di PHK atau dirumahkan baik lokal, PMI atau CPMI,” katanya. (*)