Perbedaan Rumah daswati era Soekarno dari tempo dulu hingga sekarang

Bandar Lampung – Rumah bercorak khas Belanda ini terletak di Jalan Tulang Bawang No. 15, Kota Bandar Lampung merupakan cikal-bakal terbentuknya Provinsi Lampung pada 18 maret 1964 .

Kunjungan Presiden RI Ir. Soekarno di Tanjung Karang, Bandar Lampung, dengan salah satu agenda Daswati 1 Lampung menjadi Provinsi.
___
Tanggal dan tahun tidak tercantum
Sumber: onbekende

Mengutip lampungkita.id, Rumah ini dahulunya pernah dijadikan kantor Front Nasional (FN), yakni organisasi massa yang dibentuk oleh Soekarno untuk membangun Republik Indonesia pasca perang kemerdekaan.

Dan di Lampung, Zainal Abidin Pagaralam pernah menjadi ketua FN Tanjung Karang.
Pada tahun 1963, di Rumah ini mulai dijadikan sekretariat oleh tim pembentukan Provinsi Lampung.

Rumah Daswati diera sekarang

Di sinilah digodok berbagai upaya untuk menjadikan Lampung berdiri sendiri terpisah dari Provinsi Sumatera Bagian Selatan. Bahkan hingga melobby Presiden Soekarno di istana dilakukan tim ini.

Hingga setahun kemudian, tepatnya 18 Maret 1964 secara resmi Lampung berdiri dan memiliki gubernur.

Begitu kental sejarah yang tersaji di Rumah Daswati (Daerah Swatantra Tingkat I) seolah berbanding terbalik dengan keadaannya sekarang.

Pantauan dilapangan, Rumah Daswati jauh dari kondisi baik. Terlihat gerobak-gerobak terparkir, pagar seng terbentuk guna menjadi penutup dari jalan. Namun sisa bangunan khas jaman kolonial masih bisa terlihat dan kisah sejarah yang membungkusnya tetap abadi dan layak dikunjungi.(*)