Sri Nilawati Lantik Tiga Ketua TP PKK Kecamatan

Kota Agung — Ketua TP PKK Kabupaten Tanggamus Hj. Sri Nilawati Syafi’i melantik tiga orang Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan di Aula Kantor PKK Tanggamus, Senin (17/02/2020).

Adapun ketiga Ketua TP PKK Kecamatan yang dilantik yakni Kecamatan Ulubelu, Kecamatan Gisting dan Kecamatan Kota Agung Pusat.

Hadir Dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafii, Ketua Dharma Wanita Persatuan Tanggamus Hj. Nur’aini Lubis beserta jajaran, para Camat dan Ketua TP-PKK Kecamatan se- Kabupaten Tanggamus serta jajaran Pengurus TP PKK Kabupaten Tanggamus.

Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati Syafi’i dalam sambutannya menyampaikan, peranan PKK sangatlah penting karena terlibat langsung dalam kehidupan sehari-hari di dalam rumah tangga. Pelaksanaan kesejahteraan keluarga sangat ditentukan oleh adanya keterpaduan antara gerakan keswadayaan dan partisipasi masyarakat dengan bimbingan dan fasilitasi teknis dari berbagai instansi/lembaga terkait.

“Karena itu, program program Pemerintah Daerah yang berkaitan langsung dengan peran serta masyarakat telah dapat melibatkan peran dari Tim Penggerak PKK,” kata Sri Nilawati.

Sri melanjutkan egiatan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dapat dibiayai menggunakan anggaran Pekon.

“Pemerintah Pekon dapat mengalokasikan anggaran untuk mendukung peningkatan kesejahteraan itu lebih dari sepuluh persen. Hal tersebut diatur dalam Permendagri 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana pekon tahun anggaran 2020,” terang Sri.

Sri Nilawati menambahkan TP PKK Pekon dapat mengawal anggaran yang diusulkan dan bertanggung jawab dalam pelaksanaannya.

“Tim Penggerak PKK Pekon harus bisa menangkap peluang dari peningkatan alokasi untuk pengembangan berbagai program. Caranya kawal dan aktif sejak Musrenbang Pekon, lalu laksanakan dengan penuh tanggung jawab pertanggung jawabannya. Pengurus PKK bisa koordinasi dengan kasi dan kaur di pekon masing-masing,” tambah Sri.

Sementara Wakil Bupati AM Syafii yang juga sebagai Pembina TP PKK Kabupaten Tanggamus dalam sambutannya menyampaikan agar Ketua Tim Penggerak Kecamatan yang baru dilantik, ikhlas dalam mengemban amanah yang telah dipercayakan.

“Saya yakin, Ibu-ibu sekalian mampu menjalankan anamah ini dengan sebaik- baiknya. Namun, tugas Ketua TP-PKK Kecamatan cukup berat. Karena harus berbagi tugas, selain sebagai Ibu Rumah Tangga, juga sebagai Istri dari Pejabat Pemerintahan dalam hal ini sebagai istri Camat.”

“Memotivasi, memberi dorongan dan terkadang turut serta dalam tugas sosial kemasyarakatan suami selaku Camat, merupakan tugas mulia.”

“Inilah bentuk kemuliaan seorang istri Camat. PKK sangat berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi keluarga. PKK adalah gerakan yang muncul dan tumbuh dari bawah, dengan wanita khususnya para ibu sebagai penggeraknya. Tujuan utama gerakan PKK adalah mewujudkan keluarga sejahtera, yaitu keluarga keselarasan, menciptakan mampu yang keserasian, dan keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin,” kata Wabup.

Wabup melanjutkan, keļuarga harus diupayakan menjadi sejahtera, karena keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai arti besar dalam proses pembangunan.

“Untuk itu kepada Ketua TP-PKK Kecamatan saya minta agar dapat membuat kegiatan PKK ditingkat kecamatan dan Pekon yaitu agar dapat lebih terarah dan menyentuh berbagai kepentingan keluarga dan masyarakat,” ujar Wabup.

Masih kata Wabup, sejauh ini TP PKK Kecamatan telah berperan aktif dalam kegiatan upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat, Bhakti Sosial, Posyandu, melalui (UKBM) pemberian sembako bagi warga yang tidak mampu, ikut serta dalam upaya penanggulangan dampak bencana yang terjadi akhir-akhir ini di daerah kita, pencegahan Stunting pada anak balita dan kegiatan-kegiatan lain dalam upaya mensukseskan pembangunan di Kabupaten Tanggamus.

Prestasi yang telah diraih serta keberhasilan yang diupayakan oleh PKK Kabupaten Tanggamus di sokong oleh TP-PKK Kecamatan sampai dengan Pekon.

“Untuk itu sekali lagi, Saya beri apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh Kader PKK diberbagai tingkatan se-Kabupaten Tanggamus. Namun keberhasilan itu, kita dituntut untuk tidak lantas berpuas diri, sebab tantangan diberbagai aspek kehidupan pada masa-masa yang akan datang tentu semakin besar, khususnya permasalahan Stunting yang memerlukan perhatian khusus bagi kita semua, sehingga peranan Tim Penggerak PKK sebagai organisași pemberdayaan pun menjadi sedemikian penting.”

“Dan sebentar lagi kita akan melaksanakan Pilkakon serentak sebanyak 220 pekon. Mari kita bersama-sama untuk menjaga kondusifitas agar pesta demokrasi aman dan berjalan lancar sampai ditetapkannya calon kepala Pekon yang tetap,” pungkas Wabup Syafii.
(Deni)