FLAC Banten Sambangi MTs Al-Muawanah Dalam Kegiatan Jelajah Literasi

Banten -indo-opsi.com-Future Leader
for Anti-Corruption (FLAC) Regional Banten sukses menggelar kegiatan Jelajah Literasi diMTs Al-Muawanah pada Jumat, 24/01/2020.

Kegiatan Jelajah Literasi dengan konsep
Gerakan Antikorupsi itu diisi oleh Narasumber kompeten dibidang Antikorupsi, Tedi Agus Mulyana dari Dewan Pembina Komunitas Angel
Bring Challenge (ABC) dan Kristiyanti dari Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) KPK RI.

Khoirunisa, Kepala Direktorat Literasi, Penelitian dan Pengembangan (Litbang) FLAC Regional Banten menyebut kegiatan ini dilaksanakan untuk menyampaikan nilai-nilai antikorupsi
kepada masyarakat, khususnya Pemuda.

“Kegiatan Jelajah Literasi komitmen kami laksanakan sebagai bentuk program kerja dari kami. Dalam kegiatan ini, kami menekan pemberian wawasan tentang nilai-nilai antikorupsi kepada Siswa tentunya demi menyiapkan Pemimpin masa depan yang berintegritas dan antikorupsi.” Ucap Khoirunisa.

Dalam paparan materinya, Tedi Agus Mulyana,Dewan Pembina Komunitas Angel Bring Challenge (ABC) memaparkan perilaku antikorupsi harus dimulai sejak dini, pasalnya merekalah yang akan meneruskan tonggak estafet kepemimpinan 30 tahun kedepan

“Antikorupsi harus di mulai sejak dini, karena setelah 30 tahun kemudian anak-anak yang hari ini vana duduk di bangku sekolah akan mengisi posisi strategis di tanah lbu Pertiwi ini. Maka jika kita diam melihat benih benih prilaku koruptif di adik adik kita mau jadi apa negara kita di masa depan” Ucap Tedi Agus Mulyana.

Selain itu, Narasumber lain yakni Kristiyanti menyampaikan ada 9 nilai antikorupsi yang harus diimplementasikan serta menyampaikan
profil mengapa KPK RI hadir sebagai Lembaga Negara.

“Ada 9 nilai antikorupsi yang harus diketahui,diantaranya: Jujur, Peduli, Mandiri, TanggungJawab, Kerja Keras, Sederhana, Disiplin, Beranidan Adil. Dan KPK hadir bukan hanya untuk memberantas saja, tapi kami pun punya fungsi lain yaitu Pencegahan lewat Pendidikan Antikorupsi” Ujar Kristiyanti.

Disisi lain, Hafid Abdul Wahab, Wakasek
Kurikulum MTs Al-Muawanah berharap FLAC Banten dapat mengembangkan kegiatan ini ke sekolah-sekolah lain melihat dari output yang dihasilkan dari kegiatan sangat bermanfaat.

“Kami mengapresiasi kegiatan yang
dilaksanakan oleh FLAC Regional Banten karna membantu siswa/i mengetahui pengetahuan
antikorupsi sehingga apabila nantinya merekamenjadi Pemimpin mereka pasti akan menghindari korupsi sehingga baik untuk Negara. Semoga FLAC Banten dapatmengembangkan kegiatan ini ke sekolah-sekolah lain karena ini program yang sangat membantu membentuk karakter siswa.” Tandas Hafid Abdul Wahab. (Red)