DPP GML Dorong Sistem Desa Sejahtera

BANDARLAMPUNG-www.indo-opsi.com- DPP Gema Masyarakat Lokal (GML) mendorong terwujudnya sistem desa sejahtera (SIDESRA).

“Hasil rapat pengurus DPP GML 23 Januari kemarin memutuskan agar seluruh anggota GML dimanapun berada untuk menyukseskan program tersebut,” tegas Ketum DPP GML, Rizal Anwar, Jumat (24/1/2020).

Rizal mengatakan, undang-undang tentang desa no.6 tahun 2014 memberikan ruang kreasi untuk mengelola kemajuan kawasan perdesaan dengan berbagai aturan pendukungnya.

“Inilah wujud tata aturan yang paling revolusioner sejak republik ini berdiri. Dengan uu desa dan semua aturannya negara pemerintah hadir dalam mendorong kemajuan kawasan perdesaan,” kata dia.

Berbagai program bergulir di tengah tengah masyarakat desa dalam mengakselerasi kemajuan desa bersama semua potensi dan produl unggulan desa.

“Terkait kondisi kemajuan teknologi dan era disruption sharing ekonomi maka desa desa harus menyambut era kekinian tersebut,” kata Rizal.

lanjut Rizal, keberadaan tekhnologi informasi harusnya dapat mempermudah memperpendek jalur proses produksi semua potensi yang ada di desa dengan menempelkan sebuah sistem integrasi tata kelola kawasan perdesaan.

“Sistem terintegrasi yang tidak.melupakan semangat transparansi, pemberdayaan, pelayanan,  kemudahan bahkan meningkatkan valuasi potensi desa sehingga semua warga desa dan luar desa bisa terhubung satu sama lain,” imbuhnya.

Untuk itu, DPP GML menginisiasi sebuah sistem desa sejahtera yang secara aktifitas kawasan perdesaan bisa dikompresi dalam sebuah aplikasi teknologi yang mudah ramah digunakan.

“Namun sekali lagi sistem ini memerlukan sebuah goodwill serta komitmen semua pihak agar bisa terwujud tidak terkecuali para kepala desa sebagai pemegang penuh kuasa politik anggaran dana desa dari aturan perundangan yang melingkupinya,” ungkapnya.

Dia berharap bahwa para anggota GML dapat bekerja sama dengan pemerintahan desa dalam mendorong terwujudnya SIDESRA ini sehingga berfaedah bagi kemajuan desa desa dimana para anggota GML berada.(*)