Tak Lagi Mesin Pencari Utama Android,7 pengganti selain google Ini Penggantinya.

Resmi mengumumkan bahwa mereka akan mengizinkan mesin pencari (search engine) selain Google pada semua ponsel dan tablet Android. Kebijakan ini berlaku pada 1 Maret 2020.

Perubahan ini berlaku di wilayah Uni Eropa setelah pengadilan memutuskan Google melakukan aksi anti persaingan dalam seach engine di perangkat Android pada Juli 2018. Atas masalah ini UE menghukum Google denda US$5 miliar.

Dilansir dari Business Insider, Senin (13/1/2020),
1.DuckDuckGo merupakan search engine dengan tagline “Privacy, Simplified”. Search engine ini menghindari hasil pencarian yang dipersonalisasi dan tidak memprofilkan pengguna, untuk melindungi privasi pengguna.
2. Microsoft Bing Search
Mesin pencari web buatan Microsoft ini menawarkan tampilan antar-muka dengan wallpaper yang bisa dirubah sesuka hati oleh pengguna. Bing terintegrasi langsung dengan Google Lens atau Microphone untuk mencari sesuatu secara akurat melalui gambar atau suara. Layanan ini juga mempunyai fitur reading mode untuk membaca dengan layar penuh.
3. Yahoo Search
Mesin pencari web ini memiliki dua fitur favorit yaitu Search Assist yakni dapat memberikan saran secara instan ketika pengguna sedang mencari. Dan  pengguna dapat melakukan pencarian secara bebas menggunakan fitur pencarian suara.
4.Qwant merupakan mesin pencari web yang memiliki kemampuan untuk melindungi privasi dengan tidak melacak pengguna dan iklan. Selain itu, Qwant juga memiliki dedikasi lebih terhadap musik dengan fitur “Qwant Music”, pengguna bisa mendapat berita atau informasi terakhir dari musisi favorit.

5. Startpage Private Search
Startpage mengklaim bahwa mesin pencariannya menjunjung tinggi privasi dengan tidak melacak pencarian dari pengguna dan tidak bisa diretas karena semua pencarian dienkripsi menggunakan enkripsi SSL yang kuat.
6. Swisscows
Swisscows memiliki fitur utama yaitu teknologi Intelligent Data Cloud yang membantu mengurangi waktu pencarian karena jawaban dihasilkan dengan cepat dan efisien dari kumpulan data yang didasari pada pengenalan informasi semantik.
7. Ecosia
Ecosia diidentikkan sebagai browser penanaman pohon. Berbeda dengan mesin pencarian lainnya, Ecosia memiliki komitmen kalau  keuntungan atau uang yang dihasilkan dari pencariannya akan digunakan untuk menjalankan program reboisasi dan memberdayakan masyarakat di seluruh dunia.